jump to navigation

Hari Keduabelas

JIKA KITA MERINDUKAN SURGA

Saudaraku,

Mari perkuat dan pertahankan semangat serta kesungguhan kita untuk memperbanyak amal di bulan ini. Bulan ini, adalah bulan dibukanya pintu-pintu surga. Seperti disabdakan Rasulullah SAW, “Jika masuk Ramadhan, dibukalah pintu-pintu langit” dan dalam riwayat yang lain “dibukalah pintu-pintu surga”.

Apakah kita menginginkan keindahan surga yang disediakan Allah kepada hamba-hambaNya yang beruntung? Yang belum pemah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga dan terbetik dalam hati? Dapatkah kita bayangkan tempat tinggal penghuni surga yang dibangun Allah dengan tanganNya sendiri berbentuk istana yang bahan bangunannya adalah batu bata emas, dan perak sebening kaca, buah-buahannya lebih lembut dari keju, lebih manis dan madu, sungai-sungai mengalirkan susu, madu, arak yang tidak memabukkan, air jernih yang tidak berubah rasanya, keelokan wajah penghuninya bagaikan bulan di malam purnama, belum pernah tersentuh oleh jin dan manusia, yang selalu tersenyum dan mengucapkan kalimat yang menyenangkan pasangan mereka, makanan dan minumannya adalah hidangan istimewa yang tak terbayangkan kelezatannya, kasur dan permadaninya adalah kasur tebal dan sutra halus, gelas dan piringnya terbuat dan emas dan perak….

Sungguh sebuah janji yang tak pernah diingkari oleh Yang Maha Rahman. Apalagi jika Allah menyingkap tirainya. Subhanallah dan terlihat wajah-Nya Yang Mulia sebagai nikmat teramat agung bagi hamba-hambaNya.

Saudaraku,

Bila kita termasuk orang yang mengingnkan surga, sesungguhnya tak ada pemburu surga yang berlelap istirahat dan banyak tidur di bulan ini Ketahuilah, bahwa surga saat ini telah tercipta dan ada sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’anul karim,

“Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat (Jibril rupanya yang asli dalam waktu yang lain. (Yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal “(QS. An Najm: 13-15)

Rasulullah bersabda, di dalam surga terdapat delapan pintu diantaranya adalab pintu Ar Rayyan yang diperuntukan bagi orang yang shaum (puasa). Seorang wanita yang rajin shalat 5 waktu dan shaum, lalu meninggal sedang suaminya ridha, maka ia akan dipersilakan untuk masuk surga dari pintu manapun yang ia sukai. Pintu – pintu surga akan senantiasa terbuka orang yang shalat akan masuk pintu shalat, yang berjihad akan dipanggil dan pintu jihad, dan yang bersadaqah akan masuk dari pintu shadaqah (HR. Bukhari Muslim). Luas dan lebar pintu surga seperti jarak pengendara tercepat selama tiga hari, jarak antara satu pintu dengan pintu lainnya seperti Makkah dan Bushra (Mutafaqun ‘alaih).

Mudah-mudahan kita termasuk orang yang mengimani adanya surga dengan segala sifatnya, dan berupaya memburunya. Semoga kita termasuk orang yang menyedikitkan tidur untuk membayar maharnya. Bulan ini adalah kesempatan paling besar untuk masuk surga.

Saudaraku,

Belajarlah dan apa yang ada dalam benak seorang anak shalih sebagaimana diceritakan dalam kitab Manhaj Tarbiyah lit Thif’li tentang kisah Abu Sulaiman Dawud bin Nashr Ath Tha’i. Ketika ia berumur lima tahun ayahnya rnenyerahkannya pada seorang pengajar adab. Sang guru memulai dengan mengajarkan Al Qur’an, ketika sampai pada surat Al-Insan dan Abu Sulaiman Dawud telah berhasil menghapalnya. Suatu ketika, ibunya melihatnya sedang menghadap dinding memikirkan sesuatu sambil jarinya menunjuk-nunjuk. Sang ibu berkata, “Berdirilah ya Dawud, bermainlah bersama anak- anak yang lain!” Dawud tidak menyahut perintah ibunya hingga ketika sang ibu mendekap­nya, Dawud baru bereaksi, ia berkata: “Ada apa denganmu, wahai ibuku?”

Kata ibunya: “Di manakah pikiranmu, wahai anakku?”

“Bersama hamba-hamba Allah,”jawab Dawud.

“Di mana mereka?” Tanya sang ibu.

“Di Surga,” jawab Dawud singkat.

lbunya bertanya lagi “Apa yang sedang mereka perbuat?”

Mendengar pertanyaan itu Dawud membacakan surat Al Insan ayat 13 sampai 21 yang mengabarkan kenikmatan Surga, yang artinya: “Di dalamnya mereka duduk bertelekan di atas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) mentari dan tidak pula dingin yang menyengat. Dan naungan (pohon-pohon Surga itu) dekat di atas mereka dan buah-buahannya dimudahkan memetiknya semudah­mudahnya. Dan diedarkan pada mereka bejana-bejana dan perak dan gelas-gelas yang bening laksana kaca, (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. Di dalam Surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah zanjabil. (Yang didatangkan dan) sebuah mata air Surga yang dinamakan Salsabil. Dan mereka dikelilingi pelayan­pelayan muda yang tetap muda. Apabila engkau melihat mereka, engkau akan mengira mereka adalah mutiara yang bertaburan. Dan apabila engkau melihat di sana (Surga) niscaya engkau akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. Mereka (penghuni Surga) mema­kai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang yang terbuat dan perak, dan Rabb mereka memberikan kepada mereka minuman yang bersih.” (QS: Al Insan: 13-21)

Saudaraku,

Shalat lebih baik daripada tidur. Bersusah payah di bulan ini lebih baik dan bersantai-santai dan berangan-angan. Siapa yang menginginkan “dagangan” Allah, harus mengetahui bahwa bahwa dagangan Allah itu mahal. Dan “dagangan Allah itu adalah surga.

Ya Allah, kami berharap surga kepada-Mu. Ya Allah, kami berharap sesuatu yang bisa mendekatkan kami kepada surga. Baik melalui perkataan maupun perbuatan. Mahasuci Engkau Ya Allah, Segala puji atas Engkau. Kami bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Engkau. Kami memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Shalawat dan salam atas Rasulullah Muhammad, atas para keluarga dan sahabatnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: