jump to navigation

Pitulasan Kamis, Agustus 7, 2008

Posted by customs6th in Renungan.
Tags: , , , ,
trackback

Sebuah renungan dari teman , sahabat dan saudara , yang pasti guru kita semua…. WAHYU TRI MULYO dari postingan blog yang baru saja di garapnya, yang beliau judulkan dengan “Hidup Hanya Sekali” sebuah judulblog dengan makna yang begitu dalam.

Manfaat bagi kita semua adalah harapannya…..

entah kenapa.
mendekati pitulasan (17 Agustus), kampung yang biasanya kumuh mulai benah-benah. tetangga yang biasanya cuek, ikut-ikutan kerja bakti. tetangga yang biasanya pelitnya ngaudubillah tiba-tiba mau maving jalan. itu terjadi di gang ku gang siji balun aryojipang.
entah kenapa.
aku yang cuma sekali seminggu pulang, dengan semangatnya ikut beres-beres jalan. walau kalau malam badan rasanya gak karu-karuan. berat ternyata jadi kuli. kuli beneran. kerja kasar yang kadang dibayar karena belas kasihan. aku jadi ingat mbah ndolo-ndolo. disebut begitu karena dia jualan kue basah berbentuk bulat kayak bola pinpong terbuat dari menyok (ketela pohon) berwarna-warni dengan parutan kelapa yang ditusuk dengan potongan bambu kecil. karena gak tahu namanya trus disebut kue ndolo-ndolo. walau lansia, matanya udah rabun, jalannya udah gak tegak lagi, dengan semangatnya mbah ndolo-ndolo menjajakan ndolo-ndolonya seharga dua ratus perak setusuk. ya dua ratus perak.
UTG, siapa gak kenal dia. selebritis baru di dunia kriminal.
disebut apa ya dia penjahat kah. ah kalau penjahat kok kayaknya kurang ada ‘value’ nya. bajingan. ya bajingan, lebih mantap dan ada rasanya gitu. ada emosi yang keluar. dia itu jaksa yang bajingan atau bajingan yang jadi jaksa. bajingan. ya bajingan. gak ada kata yang tepat untuk perbuatannya. naudzubillah.
seandainya UTG jadi tetangganya mbah ndolo-ndolo. pasti dia akan belajar hidup dari mbah ndolo-ndolo. gak akan minta disuap karena nasi sepiring aja udah cukup.
beberapa minggu yang lalu aku ketemu mbah ndolo-ndolo, dia udah gak kuat jalan lagi. dia sedang di depan pintu sambil menadahkan tangannya. minta uang.
entah kenapa.
anak-anak tertawa-tawa sambil berusaha makan kerupuk yang digantungkan tepat di jidat. ramai. murah. ada juga yang nangis karena terjatuh. bangkit lagi sambil nangis. ketawa lagi.
ada yang mencoba mengambil koin yang ditempelkan pada buah semangka. walau pun muka terkena arang, gak papa yang penting menang, gak peduli juara satu atau juara penutupan. ibu-ibu yang udah gak muda lagi mencoba menangkap belut sambil ketakutan. geli. tapi asyik. tertawa-tawa. entah apa yang ditertawakan. ceria walau di bawah rimbunan pohon bambu di pekarangan belakang. dekat blumbang (kolam) tempat buang kotoran. alami. gak ada tipuan.
sejenak lupa akan persoalan. bahagianya. aku tersentuh.
entah kenapa.
hampir tiap hari, pagi, sore di jalan-jalan banyak orang cari sumbangan. barongan, gendruwon (gendruwo-gendruwo an), pentul (topeng dengan warna merah berhidung panjang), dan entah apalagi namanya menari-nari sak enak e dewe diiringi gamelan seadanya. tong te tong gling. tong te tong gling. gitu suaranya. ‘ceret-ceret (e dibaca seperti e pada kata enak) barongan mata beling’ teriak anak-anak kecil sambil berlarian. histeris. berharap dikejar barongan. barongan natak-natak (mengatup-ngatupkan mulutnya) biar terkesan seram. suaranya tak-tak-tak. pura-pura trance. sementara temannya mengulur-ngulurkan kotak sumbangan. untuk pitulasan.
entah kenapa.
pitulasan di istana gitu-gitu aja.
para orang-orang itu. pura-pura khidmat. senyum-senyum lihat orang kepanasan. teringat rekening di bank yang terus berbunga-bunga, lupa kalo nanti akan diperhitungkan. ingat pengorbanan para pejuang merasa sudah seperti pahlawan.
ah …. amanah yang disalahgunakan. sayang.

Komentar»

1. kanghasan - Kamis, Agustus 7, 2008

WTM, kamu kok sadis…!!!

2. masandhy - Kamis, Agustus 7, 2008

WTM = Wong Teges tur Mantaff,

3. Agus Kuncoro - Kamis, Agustus 7, 2008

ini tanda-tanda jaman, jagoan sudah mulai turun gunung ….
pertanyaan saya, knapa juga inisial nya hanya UTG, padahal banyak inisial lain yang bisa disebut ..
jangan berlebihan menghakimi orang yang sedang melakukan peran ‘berbuat salah’

4. hendro71 - Kamis, Agustus 7, 2008

agustusan…….. orang pasti ingat dengan kemerdekaan
coba kita merdekakan diri kita sendiri….

jadi ingat kampoeng neh..
pengen pulang…..mau ikutan panjat pinang..
selamat ulang tahun guskun dan gus gus yang lain yang kebetulan berulang tahun di bulan agustus…
WTM… its oce

5. pingkanrizkiarto - Kamis, Agustus 7, 2008

terus piye mbah ndolo-ndolo-nya mas WTM ?

6. kanghasan - Kamis, Agustus 7, 2008

WTM-nya mannna?
***golek tiket kreta….***

7. bapakethufail - Kamis, Agustus 7, 2008

kasihan tuh….. kalau aku jadi dirjennya,….>>>> pasti langsung tak mutasi ke bojonegoro maneh !!!!!
lha di jakarta yo mbolak mbalik ngono…..>>>> negoro lak rugi mengko !!!!

8. wong tjepoe - Jumat, Agustus 8, 2008

‘that is life’…. apa ‘this is life’ ya……. terserah njenengan.
nyuwun sewu gus kun ……. aku nggak nge- blamned personnya tapi perbuatannya …….. he he siapa sih yang gak pernah ‘berbuat salah’.
kita …….. eh aku kali, ngeblog pada jam kantor aja salah apalagi tiap hari, pake listrik kantor lagi………..
bu pingkan – mbah ndolo-ndolo nya kayaknya sekarang lebih menikmati menadahkan tangan dari pada jualan …….. dapat sedikit gak papa yang penting gak maksa apa lagi meras ……. ironis ya.
baidowi eh bai nde we … ada yang bisa ngusaha’in tiket kereta tanggal 15 agustus nggak????

9. bapakethufail - Jumat, Agustus 8, 2008

ada yang bisa pak wahyu…….>>>>> Kepala Stasiun Gambir !!!!!!

10. kanghasan - Jumat, Agustus 8, 2008

dah beres yu, tiket dan oke, tinggal datang ke sta aja ketemu sama ******, bilang aja, ” aku temennya Pak **** “,

11. irwan bin mashud - Selasa, Agustus 19, 2008

Itulah potret kehidupan dunia bung WTM, jadi menarik karena beragam, kalo nggak begitu mungkin bung WTM nggak ada pendapat apa2x, he…he…he…., tapi yang pasti marilah kita semua berdo’a agar semua menjadi baik, yg jelek jadi baik, yg baik jadi tambah baik dan akhirnya potret kehidupan dunia semakin menarik karena ada keanekaragaman dalam kebaikan.

12. sad w e - Selasa, Agustus 19, 2008

irwan koq jadi bijak ya….ada apa gerangan ?

13. irwan bin mashud - Rabu, Agustus 20, 2008

sudah dekat Ramadhan Pak Sad!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: