jump to navigation

Kurangi Tas Kresek !!! Kamis, Juli 31, 2008

Posted by customs6th in Renungan.
Tags: , ,
trackback

Udah pernah buka blog nya PINGKAN (Pingkanrizkiarto), kalau belum buka lah… (ini bukan promosi). Disana banyak di temukan pelajaran “hidup” … salah satunya yang judulnya “Kurangi Tas Kresek !!!” sebuah postingan yang menunjukkan begitu perhatian beliau kepada lingkungan. Tidak ada salahnya kalau admin copy paste dari tulisannya. Mudah2an bermanfaat….. dan menjadi keharusan untuk kita dukung dan kampanyekan !!!!

Kurangi Tas Kresek !!!

Memperhatikan nggak ? Betapa cintanya bangsa kita ini pada tas kresek ? Dari pasar becek sampai mall keren, nggak ada yang steril dari tas plastik ini. Aku tidak tahu persis berapa ‘angka produksi’ sampah kresek kita tiap hari, tapi rasa-rasanya sudah buanyaaaak !! Tas kresek memang praktis sih, mudah didapat dan relatif kuat. Tapi yo kuwi, kalau sudah jadi sampah, di alam bebas plastik butuh waktu minimal 1000 tahun untuk terurai…. wew !!!

Sebenernya sejak kapan ya, kita ber-akrab-akrab ria dengan tas kresek ? Seingatku dulu, ibu-ibu pergi belanja tu bawa keranjang belanjaan, plastik juga sih, tapi setidaknya bisa dipakai berulang-ulang, bahkan sampai bertahun-tahun. Tapi sekarang ibu-ibu kalau pergi belanja tinggal melenggang aja, cukup bawa dompet. Toh nanti penjualnya akan menyediakan tas kresek, yang sayangnya tidak seperti tas belanjaan tempo dulu, tas kresek cenderung sekali pakai alias cepet nyampahnya.

Jadi jelas kita kalah balapan, produksi sampah kresek melaju dengan cepat, sementara di alam terurainya lambaaaaaaaaat sekaliiiiiiiiii. Serem juga kan, kalau membayangkan kemungkinan terciptanya lautan kresek ? ( huehehehe…. ). Karena itu, walaupun baru kecil-kecilan, aku mencoba di rumahku sendiri untuk memulai pengurangan produksi sampah kresek. Kalau pengin beli makanan diluar, aku suruh Farhan bawa rantang, lha wong tukang bubur ayam, tukang soto mi, tukang somay dan konco-konconya itu pakai kresek/plastik buat wadah jualannya kalau beli untuk dibawa pulang…… Awal-awalnya sih protes, secara disini ( Bekasi ) yang nenteng rantang tu cuma ibu-ibu Betawi yang mo kondangan ( ada yang tahu persis apa isi rantang ibu-ibu itu ? ). Tapi dengan sedikit ceramah plus intimidasi ( “ya sudah, bubur batal ” ), akhirnya mau juga.

Trus aku juga bikin tas gombalan ( hihihi… tapi cantik lho, bweeeeeh…. ) buat dipakai belanja. Bisa dilipet untuk dimasukin tas kecil. Jadi sementara belum menjalankan tugas, tas-tas kain itu dilipet rapi n dimasukin ke tas yang kecil. Ini ada hubungannya dengan aib kecilku, sindrom miss matching ( masih stadium 1 sih, belum parah ) … sebelum dipakai tas-tas kain itu disimpan rapi dulu di tas tanganku, yang tentu saja kudu mecing sama bajuna…. ( kyaaa, keganjenan… ). Pengalaman kemarin waktu belanja di kelapa gading, si mbak yang jaga toko jadi rada bingung, wong mo dikasih tas plastik yang kinclong kok malah ngeluarain tas gombalan…. hehehe, we do green yuk mbak !!!

Komentar»

1. bapakethufail - Kamis, Juli 31, 2008

aku mendukung mu bu pingkan….. siap di belakangmu.
(lha lak dadi buntut !!!!)
tapi gak papalah…. jadi buntut, kalau memang jalannya untuk kebaikan bersama…

2. pingkanrizkiarto - Kamis, Juli 31, 2008

kyaaa…. aku dipanggil ‘beliau’…. macam betuuuul….

3. kanghasan - Kamis, Juli 31, 2008

setuju pink, aku sama anakku biasanya milh ‘repot’ ngusung belanja dari trolley ke bagasi dan ditumpahkan begitu saja. abis, di laci dapur MENDADAK jadi bak sampah, padahal perlu 100th ya untuk mengurainya….

4. gembung prakoso - Kamis, Juli 31, 2008

maklum, bojone anggota stapala…..

5. pingkanrizkiarto - Kamis, Juli 31, 2008

opo hubungane mbung … stapala brotherhood nih….?

6. masandhy - Jumat, Agustus 1, 2008

Gimana kalo bikin tas gombal dengan logo Customs6th nih bu pink…. tiap anggota dapat 1 (bayar lho!!). Promosi sekalian do green…..

7. pingkanrizkiarto - Selasa, Agustus 5, 2008

halah opo maneh q…..
tp ide OK mas !!

8. MARKONAH - Kamis, Maret 22, 2012

TAS GOMBALAN LEBIH AMAN UNTUK BUMI KITA TAS KRESEK YANG KEREN MEMBAWA BENCANA UNTUK ANAK CUCU BUYUT CICIT DAN SETERUSNYA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: